Fokuscilacap.com, Kesugihan – Guru Besar Munchen University Prof. DR. Stefhen Koos mendatangi kampus Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali (Unugha) di kawasan Kesugihan, Cilacap, Jawa Tengah, Selasa (16/2). Kedatangan guru besar dari kampus Jerman ini untuk menjalin kerjasama dalam bidang pendidikan.

Seperri dikutip Halloapakabar.com, Prof. Stefhen juga memberikan pengalamannya tentang dunia pendidikan Jerman kepada para dosen di lingkungan civitas akademika Unugha sebagai kuliah umum yang dihadiri oleh 250 orang, terdiri atas pimpinan, dosen, para mahasiswa Unugha.

Profesor Koos hadir ke Unmuha bersama dengan Profesor Dr. Syafrinaldi, Dekan FH Univiversitas Islam Riau. Sebelum ke Aceh, Prof. Stefan Koos yang merupakan Guru Besar Hukum Ekonomi, juga sudah memberi ceramah di Universitas Islam Riau dan di UIN Jakarta.

Prof. Stefan Koos yang merupakan Guru Besar Hukum Ekonomi dalam kuliah umumnya menjelaskan, pentingnya perlindungan konsumen dalam transaksi dagang. Hal ini pula yang menyebabkan hukum ekonomi di Jerman tidak hanya untuk melindungi produsen, pedagang, dan lingkungan. Tetapi yang lebih penting adalah melindungi konsumen.

“Konsumen di Eropa dilindungi untuk tidak membeli produk yang diciptakan dengan cara merusak lingkungan atau yang melibatkan anak di bawah umur dalam produksinya. Sehingga konsumen di Jerman berhak mempertanyakan apakah barang yang masuk ke negaranya diproduksi dengan memproteksi lingkungan atau melibatkan anak di bawah umur,” kata Profesor Koos.

Dia juga meminta kepada pimpinan Unugha dan para dekan agar antusias melaksanakan kegiatan akademik berupa stadium general, seminar dan konferensi internasional. Kemudian dilanjutkan dengan presentasi dari perwakilan masing-masing fakultas di Unugha untuk bertukar pemahaman tentang bagaimana sistem pembelajaran.

Atas kehadiran Profesor Koos, Rektor Unugha juga menyambut baik hubungan kerjasama yang di bangun sebagai upaya mengukuhkan Unugha menjadi World Class University yang nantinya output mahasiswa dari Unigha mampu berdaya saing global. Rencananya hari ini Rabu (17/2) Profesor Koos akan memberikan kuliah umum dihadapan mahasiswa Unugha. (pri/fkc)