Fokuscilacap.com, Cilacap – Apel gelar pasukan yang diikuti oleh ratusan peserta dari anggota Kodim 0703/Cilacap, Lanal Cilacap,Polres Cilacap, Dishubkominfo dan Satpol PP, Basarnas, BPBD ,Sekuriti dan Pramuka di Alun-alun Pemerintah Kabupaten Cilacap dipimpin langsung oleh Bupati Cilacap H. Tato Suwarto Pamuji, Senin (29/6/2017).

Apel gelar pasukan tersebut dilaksanakan sebagai sarana untuk mengetahui kesiapan personel maupun sarana prasarana pendukung lainnya, sehingga kegiatan operasi dapat berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan.

Dalam amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs. M. Tito Karnavian yang dibacakan oleh Bupati Cilacap selaku pimpinan apel disampaikan, tujuan digelarnya Operasi Ramadniya Candi 2017 ini adalah untuk menciptakan kondisi Kambtibmas di wilayah.

Bupati Cilacap selaku pimpinan apel saat menyampaikan amanat dihadapan seluruh peserta apel mengatakan, Apel gelar pasukan ini merupakan pengamanan hari raya Idul Fitri sebagai sarana untuk konsolidasi dan pengecekan personil beserta kelengkapan Sarpas sebelum menghadapi tugas pengamanan dilapangan.

“Rencana operasai dan seperangkat cara bertindak diharapkan dapat dilaksanakan secara sinergis oleh seluruh unsur pengamanan yang terlibat sehingga masyarakat Indonesia dapat merayakan hari raya Idul Fitri dengan aman, nyaman, lancar dan dipenuhi rasa tanggung jawab,” papar Tatto.

Ada 3 (tiga) poin utama yang menjadi perhatian Presiden RI yakni, Terjaganya stabilitas harga pangan,
Kondisi Kamtibmas yang kondusif, dan Kenyamanan arus mudik dan arus balik.

Dalam mewujudkan stabilitas harga pangan Polri telah membentuk satgas pangan untuk memantau dan menjaga harga pangan agar tetap stabil. Untuk menjaga kondisi kamtibmas saya mengingatkan kepada seluruh Kasatwil untuk mampu menelan angka kejahatan. Berkaitan dengan kelancaran arus lalulintas saya menekankan agar seluruh personil bisa memberikan pelayanan secara all out, berikan atensi penuh pada titik rawan laka dan rawan macet, terutama pada puncak arus mudik yakni, H – 2 dan puncak arus balik pada H + 5 Idul Fitri.

“Operasi terpusat Ramadniya 2017 akan dilaksanakan selama 16 hari dengan melibatkan total 187.012 personil dari kepolisian serta di bantu Stakeholders terkait mulai dari unsur TNI hingga jajaran Pemda,” terangnya.

Seusai pelaksanaan gelar pasukan, Pimpinan apel beserta unsur Forkompimda Kabupaten Cilacap mengecek langsung kesiapan prasarana dan peralatan pengamanan Idul Fitri, mulai dari Kesiapan personil hingga kendaraan dinas. (gus/fkc)