Fokuscilacap.com, Cilacap – Sedikitnya 130 anggota Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0703/Cilacap mengikuti kegiatan Persami (perkemahan Sabtu-Minggu), di area wisata benteng pendem, Kelurahan Cilacap, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap,
Sabtu (6/5/2017).

Seperti dikutip dari akun facebook anggota TNI Sutaryo Yudha Kurnianto, kegiatan dua hari ini dibuka langsung oleh Dandim selaku Mabisaka Wira Kartika Kodim 0703/Cilacap Letkol Inf. Ferdial Lubis, MPICT didamping Ketua Kwarcab 11 01 Cilacap, Kasdim 0703/Cilacap, para Danramil dan Pembina Pramuka jajaran Kodim 0703/Cilacap.

Peserta Persami adalah anggota Pramuka Saka Wira Kartika yang berasal dari masing-masing Saka Wira Kartika tingkat Kecamatan Binaan Koramil jajaran Kodim 0703/Cilacap dengan jumlah Sangga seluruhnya 18 unit.

Dandim 0703/Cilacap selaku Mabisaka Wira Kartika Kodim 0703/Cilacap, Letkol Inf. Ferdial Lubis, MPICT dalam sambutannya mengatakan, melalui kegiatan Persami ini diharapkan tidak terbatas pada kegiatan yang sekarang ini, namun yang lebih penting adalah esensi untuk memupuk tali silahturahmi serta mempererat ikatan persahabatan diantara kita, baik sesama Pramuka Saka Wira Kartika maupun dengan para pembina.

Selain itu, Pramuka Saka Wira Kartika mempunyai beban yang cukup berat untuk memperbaiki citra generasi muda yang pada akhir-akhir ini telah dinodai oleh segeleintir oknum pemuda yang tidak bertanggung jawab, untuk memperbaiki citra tersebut.

Hal tersebut diperlukan dedikasi dan kerja keras dari kalian semua (Saka Wira Kartika) yang dilandasi semangat kebersamaan, kedisiplinan, kejujuran serta keikhlasan yang sungguh-sungguh dengan satu keyakinan bahwa apa yang dikerjakan akan bermanfaat bagi hari depan bangsa dan negara yang kita cintai.

“Mari kita harus pandai menghargai dan meneladani para pahlawan Kusuma Bangsa yang telah rela berkorban demi kejayaan dan keutuhan NKRI. Dan khususnya Saka Wira Kartika Kodim 073/Cilacap yang terdiri dari beberapa krida yakni, Krida Navigasi Darat, Survival, Mountenering, Pioner serta Krida Gul Bencal,” ujarnya.

Melalui wadah satuan karya, gerakan Pramuka harus dapat membuktikan diri, bahwa organisasi kepanduan ini mengedeankan Pendidikan watak dan kepribadian , disiplin, kepemimpinan, menumbuhkan semangat juwa Patriotik dan jiwa Bela Negara berdasarkan nilai-nilai universal yang terkandung dalam Dasa Darma Pramuka.

Samung Mabisaka,kesadaran membela Negara harus dibangun, dibina dan ditumbuhkembangkan dalam diri setiap warga Negara sejak usia dini. “Oleh karenanya, kepada para peserta kami minta untuk memanfaatkan waktu sebaik-baiknya guna menambah bekal pengetahuan, baik untuk pribadi maupun satuan organisasi Pramuka Saka Wira Kartika.” Imbuh Letkol Inf. Ferdial Lubis, MPICT. (ags/fkc)