Fokuscilacap.com, Cilacap – Komandan Pangkalan TNI AL (Lanal) Tegal, Lantamal V Letkol Laut (P) Sirilus Aris Susbintoro,SE., menghadiri rapat koordinasi pengamanan dalam rangka Kunjungan Kerja Presiden RI Ir. Joko Widod di Wilayah Kab. Brebes Tahun 2016, bertempat di Aula Jend. Soedirman Makodim 0713/Brebes. Sabtu lalu.

Rapat tersebut dipimpin oleh Danrem 071/Wk Kolonel Inf Dwi Wahyu Winarto. Rapat diikuti sekitar 80 personil dari TNI/Polri, BMKG, BNPB serta tamu undangan lainnya.
Tampak hadir dalam rapat tersebut, Dandim 0713/Brebes Letkol Inf E. Nazra, Kapolres Brebes AKBP Haryo Sugihartono,SIK, MH, Asops Kasdam IV/Dip Kolonel Inf Mudji, Asisten II Kab. Brebes mewakili Bupati Brebes, Dandim 0712/Tgl Letkol Inf Hari Santoso, Dandim 0710/ Pekalongan Letkol Inf Reza Anom Putranto, Palaksa Lanal Tegal Mayor Laut (P) Bambang Budiono, Danden Pomal Lanal Tegal Kapten Laut (PM) Sriyono, seluruh Danramil Kodim 0713/Brebes, seluruh Kapolsek Polres Brebes.

Seperti dikutip Halloapakabar.com, pelaksanaan rapat tersebut diawali pembukaan oleh Danrem 071/WK yang megatakan bahwa tugas adalah kehormatan, keberhasilan adalah kebanggan, Kegagalan adalah hinaan. Sehingga dalam pelaksanaan tugas harus berdasarkan prosedur tetap dan pedoman yang ada.

Selain itu, permohonan perlindungan kepada yang Maha Kuasa untuk keberhasilan tugas. “Pada saat kunker presiden nanti tidak ada ijin demo, kalau ada yang memaksakan diri, demi kehormatan tugas kita sikat’. Monitor Bangsit nelayan Batang, Tegal, Brebes untuk tidak melaksanakan demo di laut, Pangkalan TNI AL Tegal dan Polairud optimalkan patroli laut. Pada saat peninjauan medan, perhatikan kerawanan, penempatan pasukan, catat personil TNI/Polri yang bertugas dimasing-masing lokasi pengamanan,” terangnya.

Selain itu ada paparan dari Asisten II Kab. Brebes, penjelasan situasi wilayah oleh Kapolres Brebes, penjelasan rangkaian giat/rencana sementara Kunker Presiden RI di Kab. Brebes oleh Dandim 0713/Brebes. Rencana RI 1 lepas landas hari Senin tanggal 11 April 2016 dari Lanud Atang Sanjaya Kab. Bogor menggunakan tiga Heli Super Puma menuju Kab. Brebes.

Lokasi pendaratan Halipad di Songgom, Karang Birahi, Pintu Tol Exit pejagan dan disambut oleh Pangdam, Kapolda dan Gub. Jateng, untuk selanjunya menuju Sub Terminal Agropolitan Larangan mengikuti acara dari Kementrian Koperasi, Perbankan dan Pemkab Brebesa. Pelibatan pasukan sebanyak 1.937 personil TNI/Polri. Lanal Tegal menyiapkan 1 SST. Pelaksanaan Apel gelar pasukan di Lapangan sepak bola larangan. (fix/fkc)