Fokuscilacap.com, Cilacap – Dalam rangka memperingati dan merayakan HUT RI yang ke-72 untuk kedua kalinya, warga Lengkong, Mertasinga, Cilacap mengadakan lomba masak dengan bahan dasar Ikan. Sesuai dengan program dari bapak Bupati Cilacap, yaitu GEMARI (gemar makan ikan). Cilacap mempunyai hamparan samudera dan bibir pantai yang luas dan tentu saja hasil laut yang melimpah, selain itu kandungan gizi yang terkandung dalam ikan juga bagus untuk kesehatan.

Dalam perlombaan kali menghadirkan dewan juri Mr. Ruslan, master chef dari Atrium hotel Cilacap dan Ibu-ibu PKK kabupaten Cilacap. Sebelum perlombaan di mulai master chef memberikan tips-tips kepada peserta, Chef mengatakan “supaya ikan tidak amis ikan di cuci bersih di potong di beri peresan jeruk nipis dan parutan jahe”.

Perlombaan dimulai setelah dibuka oleh Hj. Tety Suwarto Pamuji selaku dewan juri dan ketua PKK kabupaten Cilacap. Pada sambutannya Tety mengajak masyarakat untuk hidup sehat dengan makan makanan bergizi salah satunya adalah dengan mengkonsumsi ikan, dan Tety sangat mengapresiasi acara ini karena menjadi media sosialisasi tentang kekayaan produk ikan dan bisa mempromosikan wisata cilacap.

Setelah selesai sambutannya Tety menghitung mundur tanda waktu di mulainya lomba pada pukul 15.45 dan selesai pukul 16.45, jadi dalam waktu satu jam peserta harus bisa menyelesaikan masakannya. Setiap peserta dalam satu grup berisi tiga orang dengan cara mengolah ikan kembung menjadi masakan yang nikmat bergizi tinggi dan penampilannya menarik .

Suasana riuh pun di mulai setelah perlombaan di mulai, bagaimana tidak dengan jumlah peserta ada 70 grup dan tiap grup ada 3 orang, hingga terjadi pemandangan yang ramai di sepanjang jalan Lengkong. ada yang memulai menyiapkan bumbu ada yang mencuci ikan semua dikerjakan sesuai tugasnya masing-masing. Nah, salah satu peraturan lombanya, salah satu panitia penyelenggara Kusno Sudjarwadi mengatakan “peserta tidak di perbolehkan menggunakan msg atau orang sini bilangnya mecin sebagai bumbu masak, karena itu kurang sehat” ujar Kusno.

Acara berlangsung meriah karena penjurian dan pengumuman pemenang berlangsung hingga pukul 19.00 WIB. (wid/fkc)