Fokuscilacap.com, Jakarta – Setiap memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan RI, nama Bung Karno atau Presiden Pertama RI Soekarno menjadi trending topik media sosial maupun media komersial.

Hal ini bisa terjadi, karena media banyak meliput para pejabat yang memimpin upacara, dan sang pejabat mengutip kata-kata Bung Karno, bahkan bergaya Bung Karno Look.

Berikut ini adalah kata-kata Bung Karno yang jarang dikutip pejabat, tetapi mestinya wajib dpahami dan diimplementasi oleh para pemimpin bangsa, yaitu :

Kata-kata Bung Karno 1. – Kamu tahu? Sejak 1932 aku berpidato di depan Landraad soal modal asing ini. Soal bagaimana perkebunan-perkebunan itu dikuasai mereka. Jadi, Indonesia ini tidak hanya berhadapan dengan kolonialisme, tapi berhadapan dengan MODAL ASING yang MEMPERBUDAK bangsa Indonesia.

Aku ingin modal asing ini dihentiken, dihancurleburken dengan kekuatan RAKYAT, kekuatan BANGSA sendiri. Bangsaku harus bisa maju, hrs BERDAULAT di segala bidang, apalagi minyak kita punya. Coba kau susun sebuah regulasi agar bangsa ini MERDEKA dalam pengelolaan MINYAK. (Bung Karno kepada Menkeu Djuanda, soal KEDAULATAN ENERGI, 1960)

Kata-kata Bung Karno 2. -Kita bangsa besar, kita bukan bangsa tempe. Kita tidak akan mengemis, kita tidak akan minta-minta apalagi jika bantuan-bantuan itu diembel-embeli dengan syarat ini syarat itu ! Lebih baik makan gaplek tetapi merdeka, dari pada makan bestik tetapi budak. (Pidato Bung Karno pada HUT Proklamasi Kemerdekaan, 17 Agustus 1963)

Kata-kata Bung Karno 3. – Tuhan tidak mengubah nasib sesuatu bangsa sebelum bangsa itu mengubah nasibnya. (Pidato Bung Karno pada HUT Proklamasi Kemerdekaan, 17 Agustus 1964).

Segenap wartawan dan karyawan Halloapakabar.com, dan Hallojabar.com, dan Fokuscilacap.com mengucapkan, Selamat Ulang Tahun ke-70 Republik Indonesia, Jayalah Nusantara.