Fokuscilacap.com, Adipala – Ada yang menarik dalam setiap pelaksanaan upacara bendera yang berlangsung di lapangan Adiraja, Adipala. Dimana kecamatan Adipala terkenal dengan kultur dan tradisi kejawen yang sudah turun temurun sejak lama sebagai sebuah aliran penganut kepercayaan.

Upacara bendera yang dilaksanakan oleh Kecamatan Adipala pada Kamis (17/8/2017) ini dihadiri juga oleh masyarakat adat kejawen penganut aliran kepercayaan. Bertindak sebagai pembina upacara adalah Bapak Teguh prastowo selaku camat di kecamatan Adipala, dan upacara di pimpin oleh Komandan upacara dari koramil Adipala, kemudian sebagai penanggung jawab Aiptu Samsudin instruktur Paskibra kecamatan Adipala bersama Serma Mashudin dari Koramil Adipala.

Adapun formasi Paskibra di ambilkan dari 3 sekolah yaitu SMAN 1 Adipala, MA Al Mukhtar dan MA Welahan. Upacara yang dihadiri oleh tokoh adat Penganut aliran kepercayaan ini juga membuat atraksi yang cukup unik. Dengan membentangkan bendera ukuran raksasa yang dipasang di lapangan Adiraja oleh masyarakat adat kejawen Adiraja.

Salah satu tetua adat, Mbah Mijo saat diwawancarai Fokuscilacap.com menyampaikan bahwa mereka selalu ambil bagian tiap tahunnya dalam upacara kemerdekaan. Bagi mereka mempertahankan NKRI sama saja dengan mempertahankan eksistensi mereka, eksistensi Indonesia dan mempertahankan Bhineka Tunggal Ika.

“Kita tidak gentar dengan siapapun orangnya yang ingin memecah belah bangsa dengan alasan tidak sepaham dan berbeda keyakinan, maka kami tetap menjunjung tinggi NKRI dengan kehadiran kami dalam upacara bendera tiap 17 Agustus,” ujar Mbah Mijo.

Upacara berlangsung hikmat, meski ada insiden pemulangan salah satu sekolah yang ada diwilayah Adipala karena tidak disiplin karena datang saat upacara telah dimulai. (wid/fkc)