Fokuscilacap.com, Sampang – Dalam rangka meningkatkan keterpaduan dan keselarasan dalam mengambil langkah – langkah rapat adalah koordinasi menjadikan sarana yang baik.

Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap menggelar rapat luas tambah tanam dua wilayah meliputi, Kecamatan Maos dan Kecamatan Sampang. Melalui jajarannya masing-masing pada Kamis, (10/08/2017) bertempat di Pendopo Kecamatan Sampang.

Hadir dalam rapat tersebut Danramil 07/Maos, Kodim 0703/Cilacap, Kapten Inf. Sidin bersama Camat Maos, Camat Sampang, Kepala PSDA Kabupaten Cilacap, Dinas pertanian Cilacap, Kepala Desa se Kecamatan Maos dan Sampang serta para gapoktan para Gapoktan, membahas percepatan tanam, peningkatan Luas tambah Tanam (LTT) periode Bulan April dan Agustus 2017.

Kapten Inf Sidin pada kesempatan tersebut menegaskan bahwa dalam rakor tersebut tentunya membahas langkah-langkah dalam meningkatkan upaya percepatan tanam, peningkatan luas tambah tanam dan sosialisasi kartu tani bagi petani diwilayah binaan masing-masing.

Serta bagaimana dalam menangani apabila terjadi permasalahan ataupun kendala dilapangan. Selain itu, termasuk langkah – langkah strategi telah dibahas bersama. Baik untuk meningkatkan pencapaian maupun apabila ada kendala.

Menyikapi hal tersebut, Danramil Maos Kapten Inf. Sidin mengungkapkan, percepatan tanam tentunya akan meningkatkan luas tambah tanam.”Semua bermuara pada peningkatan kesejahteraan pada petani, karena dengan seefisiennya waktu pengolahan hingga tanam tentu akan mempercepat panennya nanti. Untuk itu mesin-mesin pertanian yang ada agar dimanfaatkan secara maksimal untuk upaya percepatan tanam tersebut,” ujarnya.

Selain itu, pertimbangan tahun ini adalah musim kemarau basah dan kebutuhan untuk pengairan sawah kurang mencukupi, jadi dengan demikian diharapkan dinas PSDA dapat membuka dan menutup Dum irigasi.

Dalam rapat koordinasi ini, PPL dan Babinsa akan bersama-sama turun langsung ke sentra-sentra petani agar mengolah lahan sawahnya untuk ditanami padi. Untuk mendukung program tersebut dalam bulan April – Agustus ini.

Dengan dukungan-dukungan tersebut dan dengan pemberian motivasi langsung ke petani diharapkan penambahan target luas tambah tanam ini akan tercapai dan swasembada pangan 2017 benar-benar terwujud. (gus/fkc)