Fokuscilacap.com, Cilacap – Personel Kodim 0703/Cilacap bekali materi pembinaan mental dan kedisiplinan pada mahasiswa baru Politehnik Cilacap, Jl. Sutomo Cilacap Selatan, Senin (27/8/2017).

Materi kegiatan pelatihan yang diberikan meliputi Peraturan Baris Berbaris (PBB), Tata Upacara Bendera, materi wawasan kebangsaan serta Bela Negara. Materi-materi tersebut diberikan khusus kepada mahasiswa-mahasiswi baru, untuk menumbuhkan sikap jasmani yang tegap tangkas dan rasa persatuan serta rasa tanggung jawab.

Danramil 01/Cilacap, Kodim 0703/Cilacap, Kapten Kav. Nur Sohib Ansori mengatakan 281 orang mahasiswa-mahasiswi Politehnik Cilacap adalah generasi penerus bangsa.”Mereka nantinya akan menjadi generasi penerus bangsa dalam mengisi kemerdekaan ini, oleh karena itu semua mahasiswa harus mempersiapkan diri sejak dini dan mempunyai wawasan tentang bela negara,” tegas Kapten Kav. Nur Sohib.

Pembinaan karakter, disiplin dan jiwa korsa dimaksudkan agar tercipta hubungan yang erat dan menumbuhkan jiwa solidaritas yang kuat di antara mahasiswa baru sehingga dalam menempuh pendidikan di kampus selalu dalam suasana kekeluargaan dan kebersamaan.

“Materi ini juga untuk menanamkan kembali nilai-nilai pembentukan karakter mahasiswa, seperti dengan mengenalkan arti pentingnya kesadaran berbangsa, bernegara, cinta tanah air, lingkungan dan bermasyarakat,” terang Danramil.

Peran pemuda akan menjadi strategis, lanjut Danramil, dan hal itu sangat vital sehingga keberadaannya dibutuhkan untuk membangun bangsa menuju Indonesia emas. “Jangan sia-siakan masa muda, isilah masa muda untuk membangun bangsa, isi kemerdekaan ini dengan kemampuan yang siap pakai.Namun jangan melupakan sejarah bangsa karena sejarah merupakan bekal kita untuk melangkah kedepan,” tandasnya. (gus/fkc)