Fokuscilacap.com, Cilacap – Menyikapi perkembangan situasi diwilayah, Satu Peleton Personel Kodim 0703/Cilacap dibawah pimpinan Komandan Kodim 0703/Cilacap Letkol Inf. Ferdial Lubis, MPICT diterjunkan guna melakukan patroli di wilayah Pulau Nusakambangan, hal tersebut disampaikan Pasi Intel Kodim 0703/Cilacap Kapten Inf Taryun saat mengambil apel personil dihalaman Makodim 0703/Cilacap, Senin, (5/6/2017).

Pasi Intel Kodim 0703/Cilacap, Kapten Inf. Taryun, mengemukakan kegiatan tersebut dilakukan terkait dengan maraknya aksi teror dibeberapa wilayah Indonesia, patroli dilakukan untuk memberi rasa aman terhadap para petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Nusakambangan terkait dengan adanya intimidasi dari salah satu napi teroris terhadap petugas, sehingga timbul ketidaknyamanan para petugas Lapas yang ada di Nusakambangan.

“Permasalahan ini harus dipahami oleh setiap prajurit guna meningkatkan intensitas pengamanan diwilayah binaannya khususnya pada menjelang Hari Raya Idul Fitri, dan salah satunya yaitu wilayah Pulau Nusakambangan,” tegas Kapten Inf. Taryun.

Sementara itu diruang kerjanya, Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf. Ferdial Lubis, MPICT telah mengundang tokoh agama yakni Ustad Hasan Makarim dan Romo Corolus untuk menemaninya berkunjung ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Batu Nusakambangan.

Kehadiran mereka diperlukan guna memberikan bimbingan, suport serta arahan kepada para Kepala Lapas dan para petugasnya yang ada di Pulau Nusakambangan agar mereka tetap fokus dan tidak terintimidasi oleh para napi serta mampu memberi pemahaman kepada napi agar tidak mudah terprovokasi oleh hasutan dari napi teroris.

Kegiatan pengamanan ini akan terus dilakukan oleh Kodim 0703/Cilacap sebagai Satuan Teritorial guna memberikan rasa aman wilayahnya terhadap setiap ancaman, gangguan ataupun segala macam bentuk provokasi yang akan merusak situasi dan kondisi keamanan wilayahnya.

Peran penting Babinsa sebagai garda terdepan harus ditingkatkan guna mendeteksi dini setiap ancaman yang akan merusak keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. (ags/fkc)