Fokuscilacap.com, Jeruk Legi – Dewan Pimpinan Cabang GP Ansor Kabupaten Cilacap menggelar kosolidasi. Selain konsolidasi juga mengadakan pertemuan dan ramah tamah dalam rangka memperingati hari lahirnya yang Ke-82. Bahkan GP Ansor Kabupaten Cilacap juga melakukan pelantikan pengurus PAC GP Ansor Jeruklegi yang berlangsung di kaum Masjid Jeruklegi, Minggu (24/4).

Seperti dikutip Halloapakabar.com, Ketua GP Ansor Kabupaten Cilacap Libanun Muzazin mengatakan, dalam harlah ke 82 GP Ansor Cilacap selain melakukan konsolidasi sebagai upaya peningkatkan soliditas kader di setiap tingkat kepengurusan baik di anak cabang maupun ranting se-Keabupaten Cilacap. Libanun juga meminta seluruh kader yang ada senantiasa berkomunikasi secara intensif sebagai wahana koordinasi organisasi dalam menjaga NKRI dan utuhnya Pancasila.

Menurutnya, hal itu merupakan upaya dalam meningkatkan kualitas jalannya roda organisasi. Selain ajang evaluasi perjalanan kepengurusan, GP Ansor Cilacap juga memanfaatkan momentum harlah kali ini sebagai upaya menghidupkan kembali semangat Ansor yang tak lepas dari nilai sejarah kebangsaan.

“GP Ansor Kabupaten Cilacap berkomitmen dengan pergerakannya. Di usianya yang Ke-82, mari bersama-sama mengawal perjalanan bangsa dari yang terendah, ranting dan anak cabang. Agar keberadaan nilai-nilai Aswaja jangan sampai luntur. Dalam mengawal nilai-nilai Aswaja, program yang sarat dengan nilai aswaja harus terus dipertahankan,” ungkap Wakil Ketua DPC PKB Kabupaten Cilacap ini kepada Fokuscilacap.com, Kamis (28/4)

Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Cilacap ini menegaskan, sudah saatnya GP Ansor bermetamorfosis menjadi organisasi yang lebih modern, yakni dengan mempertimbangkan aspek-aspek kekinian. “Seluruh pengurus dilarang gaptek. Itu contoh kecil. Sedangkan untuk program, mari bersama-sama kita bahas dan kita musyawarahkan,” tegasnya.

Libanun mengatakan, GP Ansor Cilacap, akan melakukan berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat secara langsung. Hal itu dirasa mampu memberikan dampak yang membekas, dan menunjukkan eksistensi bahwa Ansor Cilacap hadir di tengah-tengah masyarakat dapat dirasakan. Dibanding dengan organisasi Pemuda lain, maka Ansor jauh lebih besar.

“Jadi, asumsi kita kalau negara mau makmur, yang pertama ya memakmurkan Anshor dulu. Dalam penegasan kali ini bahwa di Harlah ke-82, GP Ansor akan tetap menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Pancasila, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika. Hal tersebut, sudah menjadi komitmen GP Ansor sejak awal,” ungkapnya.

“Selain itu, kita akan pertahanan posisi kita yang selama ini kita bangun bersama-sama, yaitu tetap dalam barisan NKRI, tetap menjadi benteng utama Pancasila dan UUD 1945, dan tentu menjaga keragaman yang ada di negeri ini. Posisinya tegas dan jelas dan tidak bisa ditawar-tawar lagi,” tegasnya. (rfk/fkc)