Fokuscilacap.com, Cilacap – Matahari mulai menampakkan sinar keemasan di pagi hari saat mahasiswa Fakultas Ekonomi UNUGHA semester 4 menapakkan kakinya di kampus asri pembaharu UNUGHA Cilacap.

Raut wajah riang gembira dengan almamater kebanggaan berwarna cream (baca ; krem). Mereka mulai mempersiapkan materi kuliah pagi hingga sore hari. Yaitu materi praktek mata kuliah pengantar hukum bisnis.

Tempat yang akan dituju adalah kantor Notaris Susanto, SH., M.Kn. dan lembaga pelatihan Exellent Hospitallity College yang bergerak dibidang pelatihan SDM Kapal pesiar dan hotel asuhan bapak Darno.

Pagi itu tempat yang dituju adalah Notaris terlebih dahulu. Untuk mematangkan materi Pengantar Hukum Bisnis mahasiswa banyak menggali informasi terkait dengan peran dan posisi Notaris dalam kesepakatan bisnis dan mendirikan badan hukum usaha. Peserta maupun Notaris Santo begitu antusias hingga selesai pada pukul 11.30 WIB.

Kemudian mahasiswa istirahat untuk melaksanakan solat jumat bagi laki-laki dan solat dzuhur bagi perempuan.

Pada pukul 14.00 WIB. Mahasiswa berangkat lagi menuju lembaga kursus yang telah mendapat penghargaan sebagai lembaga kursus non formal terbaik se Jawa Tengah. Letaknya di Kecamatan Maos, perbatasan dengan Adipala. Exellent Hospitallity College. Disini mahasiswa disambut dengan hangat dan disiapkan ruangan khusus untuk pertemuan.

Acara berlangsung dialog interaktif sangat menarik. Mahasiswa antusiasme bertanya seputar legalitas usaha dan bagaimana merintis usaha.

Bahkan bapak Darno selaku owner memotivasi mahasiswa untuk menjadi pengusaha. Karena Indonesia masih kekurangan jumlah pengusaha supaya menjadi bangsa yang maju.

Kemudian acara Kuliah Praktek ditutup dengan membagikan 300 tajil untuk berbuka puasa di perempatan lampu merah Air Mancur Kroya.

Nampak tak ada rona lelah mahasiswa. Yang ada semangat dan sesekali tawa dan canda bahagia mereka untuk berbagi terhadap sesama. Karena pendidikan bukan hanya untuk mencari pintar atau pandai secara akademik saja tapi pendidikan juga soal bagaimana membangun karakter supaya kelak mahasiswa berkiprah di masyarakat mampu menjadi katalisator perubahan sosial.

Kemudian acara paripurna dengan buka puasa bersama dosen pembimbing kuliah Priyo Anggoro hingga acara ditutup pada pukul 18.15 WIB. (pri/fkc)