Fokuscilacap.com, Cilacap – Dekan Fakultas Ekonomi UNUGHA, H. Suyono beserta dua orang dosen Fakultas Ekonomi, Hasan Muzaki dan Priyo Anggoro mengunjungi lokasi KKN mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali (UNUGHA) Cilacap di sejumlah daerah.

KKN yang mengusung tema “Mbangun Desa, Membangun Nusantara” ini berada di tiga kabupaten yang terletak di dua Propinsi. Di Propinsi Jawa Tengah terdapat di kabupaten Cilacap dengan lokasi di kecamatan Patimuan dan Kedungreja, di kabupaten Banyumas bertempat di kecamatan Rawalo dan Jatilawang. Kemudian satu Kabupaten di Jawa Barat yaitu kabupaten Pangandaran dengan lokasi di kecamatan Parigi dan kecamatan Pangandaran.

Kunjungan safari tim Fakultas Ekonomi UNUGHA adalah inisiatif bersama Fakultas Ekonomi untuk mengunjungi dan memberi motivasi dan support secara moral mahasiswa yang sedang KKN. Dengan harapan di masa pertengahan KKN ini mahasiswa semakin semangat dalam menjalankan dan menuntaskan programnya.

Menurut Dekan Fakultas Ekonomi UNUGHA, H. Suyono, program yang kita jalankan sebetulnya program spontanitas di luar agenda kedinasan. Supaya komunikasi antara bapak dengan anak atau Fakultas dengan Mahasiswa sebagai anak didik terjalin secara informal. “Saya merasa perlu adanya pendekatan komunikasi yang informal supaya anak-anak merasa diperhatikan oleh kita dari Fakultas sebagai orang tua didik mereka di kampus,” ujar H. Suyono.

Perjalanan tim Safari KKN Fakultas Ekonomi memakan waktu dua hari mulai tanggal (22/08/2017) sampai dengan (23/8/2017) dengan agenda mengunjungi tiap posko yang ada di masing-masing daerah.

Menurut salah satu dosen Fakultas Ekonomi yang juga Kaprodi Ekonomi Pembangunan, Hasan Muzaki, bahwa kunjungan atau Safari KKN ini berlangsung secara marathon dan kejar tayang, supaya semua posko bisa tersambangi dan anak-anak merasa diperhatikan juga dari Fakultasnya. Meskipun panitia KKN dan Dosen Pembimbing Lapangan sudah ada sesuai job desknya masing-masing. “Kunjungan ini anjangsana saja, biar mereka merasa senang dikunjungi bapaknya,” ucap Hasan diiringi tawanya yang khas.

Menurut H.Suyono panitia KKN IAIIG dan juga UNUGHA sudah bekerja dengan baik dan optimal. Sehingga anak didik kami atau mahasiswa bisa mengimplementasikan program dengan baik dilapangan. “Panitia KKN sudah menjadikan KKN bermakna dan mahasiswa juga mampu mandiri dalam implementasi program kerjanya di desa masing-masing” tambahnya.

Safari KKN Fakultas Ekonomi UNUGHA ini menjadi pijakan awal Fakultas Ekonomi dalam menjaga intensitas semangat mahasiswa pasca KKN nanti. “Semoga pasca KKN anak-anak tidak kendor tapi semakin terpacu untuk segera mengambil langkah cepat menyusun skripsi sebagai tugas akhir,” ungkap H. Suyono menutup pembicaraan. (pri/fkc)