Fokuscilacap.com, Nusawungu – Danramil 05/Nusawungu, Kodim 0703/Cilacap, Kapten Arm. Suroto beserta satu personel Babinsa Sertu Purnomo sosialisasikan program jambannisasi bersama Puskesmas I Nusawungu kepada masyarakat desa Banjarwaru, Kecamatan Nusawungu.

Itu dilakukan sebagai wujud realisasi pelaksanaan program Kodim 0703/ Cilacap untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, Kamis, (20/7/2017).

Sosialisasi jambanisasi dilakukan bertempat di rumah Kepala Dusun (Kadus) Satam Dusun Sidomulyo RT. 02 RW. 06, Desa Banjarwaru, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap.

Banardjo (53) salah satu warga yang belum memiliki jamban yang sehat, karena keterbatasan ekonominya, dan Banadjo masih menggunakan jamban tradisional, yang biasa di sebut Kakus oleh masyarakat setempat.

Selaku Danramil 05/Nusawungu Kapten Arm. Suroto pihak Koramil hanya bisa sedikit membantu pembelian kloset guna program jambannisasi yang baik dan memenuhi standar kesehatan yang di canangkan oleh Puskesmas dan Koramil 05/Nusawungu.

“Jambanisasi terkandung maksud agar masyarakat kurang mampu, dapat mengetahui bahwa program ini merupakan bentuk kepedulian TNI – AD dalam upaya membantu mengatasi kesulitan rakyatnya untuk hidup sehat dan sejahtera,” terangnya.

Babinsa Sertu Purnomo juga mengatakan sosialisasi ini langkah awal untuk melakukan Program Jambanisasi. “Adapuan tujuannya merupakan membantu warga yang tidak mampu agar mendapatkan tempat yang pas saat melakukan buang air besar, mengingat pentingnya hidup sehat,” terangnya.

Langkah awal, lanjutnya, kami melakukan sosialisasi bagi warga tidak mampu, dan tetap berpola sehat dalam keseharian, melihat dari itu maka sebagai wujud dari kemanunggalan TNI dan Rakyat. (gus/fkc)