Fokuscilacap.com, Surabaya – Jaringan media siber Hallo Media Network (HMN) mengajak media siber di daerah untuk melakukan kerjasama pertukaran berita dengan Hallo.id, dalam upaya untuk memperkaya informasi yang disajikan kepada publik.

Hallo.id adalah media siber nasional, sehingga berita-berita nasional kami tentunya kami memiliki konten nasional lebih banyak dibandingkan dengan media lokal atau daerah,” kata Pemimpin Redaksi Hallo.id Budi Purnomo Karjodihardjo di Surabaya, Rabu (26/7/2017).

Demikian juga dengan media siber lokal, tentunya pemberitaan daerahnya lebih banyak dibandingkan berita nasionalnya. Demikian disampaikan Budi, di sela-sela Rakornas I Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) di Hotel Haris.

“Dengan pertukaran berita seperti ini maka conten berita masing-masing media siber akan semakin banyak dan bervariasi. Sehingga pembaca media betah berlama-lama membaca informasi kita,” kata Budi. Di media siber, apresiasi pembaca menjadi salah satu faktor keberhasilan.

Menurut Budi, ke depan, persaingan media siber bukan hanya di konten, tetapi distribusi konten yang tepat sasaran, pemasaran iklan yang inovatif, dan program aktivasi promosi yang menarik, serta yang menggabungkanya dalam program digital yang atraktif.

“Meskipun konten is the king, namun dengan transparansi informasi publik dari media sosial, media komersial, newswire & kantor berita l, dan media center institusi/korporasi maka konten berita bisa diperoleh dari mana saja, baik secara berbayar maupun tidak.

Menurut Budi, dengan pertukaran berita antara media nasional dan media daerah, bisa terjadi cross promotions antar media siber karena masing-masing pihak menyebutkan link nama sumber medianya.

“Selanjutnya terserah kepada tim redaksinya bagaimana mengolah berita yang menarik untuk pembacanya masing-masing,” kata Budi.

Saat ini HMN memiliki lebih dari 30 media siber yang menggunakan nama domain Hallo. Selain itu HMN juga sudah bergabung dengan Hello Media Group (HMG), kelompok media siber berbahasa Inggris.

HMG juga akan memperluas jaringan media sibernya. Sementara ini media siber HMG yang sudah live adalah Hellobali.guide, dan Hellojakarta.guide. Rencananya, hingga tahun ini 40 media siber di group ini juga akan live.

Buat teman-teman pengelola media siber yang ingin menjajaki kerjasama dengan kami, dapat menghubungi Pemimpin Redaksi Hallo.id, wa : 085315557788, dan 087815557788. Atau melalui email : redaksi@hallo.id, dan redaksihallo@gmail.com. Salam sukses media siber. (tim)