Fokuscilacap.com, Cilacap – Kepolisian Resor Cilacap Polda Jawa Tengah menggelar kegiatan pencanangan tahun keselamatan untuk kemanusiaan 2017- 2018, kegiatan tersebut dilaksanakan di alun – alun Kabupaten Cilacap, Sabtu (29/7/2017).

Hadir dalam kegitan itu segenap unsur Forkopimda kabupaten Cilacap, yaitu kepala SKPD di lingkungan pemerintah daerah Cilacap, pejabat utama Polres Cilacap, jajaran Kapolsek serta masyarakat yang sedang menikmati Car Free Night di alun – alun.

Seperti yang diinformasikan dalam laman resmi humas Polres Cilacap, Kapolres Cilacap AKBP Yudo Hermanto SIK dalam sambutanya mengatakan, bahwa Kepolisian Republik Indonesia beserta seluruh instansi terkait pada tahun 2017 – 2018 berkomitmen untuk menjadikan sebagai tahun keselamatan. Itu dilakukan untuk kemanusiaan dan dengan tujuan utama adalah menekan terjadinya kecelakaan lalu lintas fatalitas korban yang terlibat.

Hal tersebut juga dilakukan mengingat bahwa kecelakaan lalu lintas salah satu penyumbang angka kematian tertinggi di dunia dimana mencapai angka 2,4 juta setiap tahunnya dibawah penyakit jantung dan TBC.

Sedangkan untuk Indonesia sendiri menduduki urutan ke lima di dunia dalam hal tingkat fatalitas kecelakaan lalu lintas.
“Berbicara bagaimaan cara mengurangi kecelakaaa lalu lintas tentu Polri tidak bisa melakukanya sendiri perlu dukungan ataupun suport dari seluruh lapisan masyarakat dan instansi di seluruh Indonesia,” kata Kapolres Cilacap AKBP Yudo Hermanto SIK

Oleh karena itu dalam kesempatan tersebut Kapolres mengajak kepada seluruh masyarakat Cilacap untuk bekerja sama mensukseskan kegiatan ini dengan cara mematuhi rambu lalu lintas dan sarana keselamatan berlalu lintas lainnya sehingga tidak menjadi korban kecelakaan.

Sebagai wujud simpatik, Kapolres Cilacap dengan didampingi oleh kasat Lantas memberikan tali asih kepada korban kecelakaan sebagai wujud bantuan kemanusiaan.

Juga sebagai tanda pencanangan tahun keselamatan Kapolres Cilacap dengan perwakilan Forkopimda memencet sirine secara bersama sama dan juga dilepaskan balon tahun keselamatan serta pemusnakah beberapa knalpot dan ban yang tidak standard hasil sitaan Polres Cilacap.

Pin logo tahun keselamatanm juga disematkan kepada perwakilan komunitas kendaraan bermotor, pelajar serta masyarakat umum.

Untuk menyemarakan acara, dihadirkan juga komedian Cilacap Samidi dan mbokayu Tebok yang dalam komediannya diselipkan pesan keselamatan berlalu lintas kepada seluruh warga masyarakat. (gus/fkc)