Fokuscilacap.com, Cilacap – Bertempat di auditorium utama kampus, kampus IAIIG-UNUGHA menyelenggarakan workshop untuk meningkatkan kualitas penelitian dosen IAIIG & UNUGHA pada Rabu (19/07/2017).

Acara tersebut digelar dengan penuh antusiasme dari para dosen karena kedatangan tamu agung dari Universitas Leeds UK. Beliau adalah Profesor Hywel Coleman, seorang peneliti yang sudah lama melakukan penelitian di Indonesia. Kedatangan beliau disambut baik oleh segenap civitas akademika terutama para dosen tetap kampus hijau itu. Misi prof hywel tidak lain dalam rangka berbagi pengalaman dibidang penelitian.

Acara workshop dimulai pada pukul 09.30 WIB. Dalam pemaparannya Prof. Hywel membagi dosen dalam beberapa kelompok, karena ia tidak mau acara berjalan monoton tanpa ada respon dari audiens. Hywel memulai presentasinya dengan mengajak audiens yang sudah berkelompok melakukan diskusi sesuai arahan dirinya. Seusai memberikan waktu untuk diskusi Hywel meminta setiap kelompok untuk memaparkan hasil diskusinya.

“Saya mohon kelompok satu untuk memberikan hasil diskusinya”, ungkap Hywel.

Acara berlangsung hidup dengan adanya adu argumentasi antar kelompok. Acara yang dihadiri sekitar 60 dosen itu mengupas tuntas tentang upaya peningkatan penelitian.

Prof Hywel mengatakan tentang pentingnya menumbuhkan motivasi dengan mengembangankan rasa ingin tahu. “Dalam melakukan penelitian motivasi utama adalah rasa keingintahuan bukan angka kredit” pesan Prof. Hywel kepada para dosen.

Audiens berharap agar acara seperti ini dilakukan dengan kontinyu agar penelitian dosen benar benar mengarah pada peningkatan kualitas. (pri/fkc)