Fokuscilacap.com, Karangpucung – Sekolah Dasar Negeri 1 Karangpucung melepas siswa kelas 6. Hal itu dilakukan setelah mereka menempuh ujian akhir. Pelepasan siswa dilaksanakan di aula SD Negeri 1 Karangpucung, Kamis, (15/6/2017).

Acara tersebut dilanjutkan dengan buka bersama. Hadir dalam acara tersebut orang tua wali dari siswa kelas 6, para guru dan komoponen sekolah tersebut, tokoh agama dan pengawas dari UPT Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Karangpung.

Imam Subagyo S.Pd mengatakan, disatukannya acara pelepasan dan buka bersama sekaligus untuk menjalin silaturahmi agar lebih dekat dari sebelumnya.

Siswa kelas 6 yang mengikuti pelepasan sejumlah 34 siswa.”Kami melepas kelas 6 diantaranya 15 siswa laki – laki dan 19 siswa perempuan,” tutur Imam.

Mereka merupakan siswa berprestasi, lanjut Imam, karena ketika mereka duduk dibangku kelas 5 banyak piala yang mereka raih.” diantaranya mereka mendapatkan prestasi di lomba Renang, Senam lantai dan sepak bola. Hingga terkumpul 15 piala dalam satu periode kegiatan,” jelas Imam.

Setelah lepas dari SD Negeri Karangpucung 1, lanjutnya, nantinya diharapkan siswa tidak ada yang berhenti untuk melanjutkan sekolah.

Pada kesempatan itu Drs. Amir M.Pd Pengawas SD UPT Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Karangpucung menghimbau kepada siswa agar menuntaskan pedidikan dasar 9 tahun. Selain itu siswa diharapkan bersiap – siap menyongsong pendidikan dasar 12 tahun.

“Untuk mencapai pendidikan dasar yang dicanangkan pemerintah yang sekarang 9 tahun atau nanti 12 tahun, siswa diharapkan nantinya tertanam budi pakerti, dapat menyesuaikan perkembangan tekhnologi dan tercapainya pendidikan karakter dengan baik,” jelas Amir. (gus/fkc)