Fokuscilacap.com, Dayeuhluhur – Meskipun ada surat edaran dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Cilacap terkait himbauan siswa SMP agar tidak menggunakan sepeda motor, SMP Negeri 1 Dayeuhluhur membolehkan siswanya membawa motor ke sekolah dan diparkir di area sekolah.

Alasannya sekolah tersebut sudah mendapat pengecualian dari dinas pendidikan dan kebudayaan Cilacap.

“Kami memperbolehkan siswa bawa motor karena sekolah kami mendapat pengecualian dari Dinas P & K, pengecualian tersebut terkait kondisi geografis beberapa desa di kecamatan Dayehluhur,” jelas Firman Bebyn Hidayat, S.Pd, M.Pd kepala sekolah SMP Negeri 1 Dayeuhluhur dikantornya, Sabtu, (10/6/2017).

Menurut Dia, siswa yang paling jauh itu dari Desa Kuta Agung, selain itu dari Desa Sumpinghayu dan beberapa tempat lainnya. Medan jalan yang dilalui dari desa tersebut sulit dan jauh, selain itu tidak ada angkutan umum.

Siswa diperbolehkan menggunakan motor bukan tanpa syarat. “Syaratnya siswa menggunakan helem dan kenalpot tidak bising,” ujar Firman.

Meskipun seperti itu, pihak sekolah dalam waktu dekat akan mengagendakan operasi. “Kami dengan pihak Polsek Dayeuhluhur dalam waktu dekat akan mengagendakan oparasi kelengkapan bagi siswa yang membawa motor,” pungkasnya. (ags/fkc)