Fokuscilacap.com, Kesugihan – Film garapan pelajar SMK 1 Kawunganten Filial Kampung Laut Cilacap berjudul Welit memenangi Festival Fotografi dan Film Pendek Institut Agama Islam Imam Ghozali (IAIIG) Cilacap. Festival yang digagas Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) IAIIG ini diikuti pelajar se-Kabupaten Cilacap, Selasa (31/5) kemarin.

Film karya Herika Juli Saputri itu mengungguli film Empat Ikatan, karya Dwitya Ali Novitra pelajar MAN Cilacap dan Film Arang Bathok karya Defi Hikmawati, dari SMK Muhammadiyah Majenang yang menjadi film Terbaik II dan III.

”Saya ngga menyangka, film saya bisa dapet penghargaan, Terus terang saya dan teman-teman merasa senang sekali, semoga ini bisa menjadi motivasi bagi kami untuk terus berkarya,” ujar Herika, sutradara film-film dokumenter berdurasi 15 menit itu mengisahkan sosok Mbah Maja, perajin Welit di Kampung Laut, seperti dikutip Halloapakabar.com.

Selama proses produksi, film tersebut difasilitasi Komunitas Sangkanparan Cilacap. Film ini juga pernah mendapatkan penghargaan Ide Cerita Terbaik pada gelaran Youth Sineas Award di Bali, April lalu.

Salah satu dewan juri, Ripto Nabil Ode mengatakan, film arahan sutradara Herika ini memiliki keunikan dan kekuatan pada isu sosial yang diangkat. Selain itu, ide cerita juga cukup menarik. ”Saya ambil contoh pengambilan gambar di sungai itu tidak mudah gampang dan butuh kreativitas.

Film ini mendapat nilai tambah karena kreativitas kameramennya dalam pengambilan gambar,” ungkapnya. Menurut Ripto, kemenangan bukanlah hal yang harus diraih dalam proses kreativitas. Oleh karena itu dia meminta para pelajar tidak berkecil hati dan terus berkarya. Selain film, Aan Nur Fiana (MAN Cilacap) keluar sebagai Juara I kategori Lomba Fotografi.

Sementara Juara 2 diraih Ika Musyarofah, (MA MINAT Kesugihan) dan Juara ke 3 Miftahul Hidayah (MAN Cilacap). (yan/fkc)