Fokuscilacap.com, Cilacap – Pemandangan tidak lazim terlihat di kantor Disdukcapil Kabupaten Cilacap, Rabu (07/09/2016). Warga berbondong-bondong melakukan perekaman data untuk membuat atau melakukan perubahan alamat pada E-KTP.
Pelayanan yang dipusatkan di Disdukcapil Kabupaten Cilacap itu membuat massa membludak. Banyak yang terlihat kelelahan karena harus menunggu sejak pukul 04.00 wib.

Ada warga dari Kecamatan Dayeuhluhur harus menginap di Cilacap. Karena jarak tempuh ke kota sudah jauh tapi disini masih disuruh antri yang sangat panjang. Pelayanan ini menjadi sangat tidak efektif, “Apakah tidak ada tindakan dari pemerintah daerah mengenai masalah ini?, Kata Dimas warga Cilacap Selatan yang sedang mengurus KTP untuk istrinya.

Amir warga Sidareja pun mengeluhkan pelayanan yang buruk dengan dipusatkannya pelayanan menjadi satu di Disdukcapil. “Membuat KTP di zaman canggih koq seperti ini, apa para pejabat Cilacap tidak pedulikan ini,” ungkapnya.

Ketika tim Fokuscilacap.com mendatangi salah satu kecamatan bertemu dengan Surono, salah satu petugas pembuatan KTP Kecamatan mengakui, bahwa pelayanan KTP sekarang dipusatkan di Disdukcapil, tidak ada lagi pelayanan di kecamatan sampai akhir September ini.

“Harus ada langkah bijak dari pemda untuk mengurai antrian yang berlangsung sudah berhari-hari. Prinsip pelayanan yang mudah dan cepat tidak lagi dihiraukan padahal mereka para pejabat digaji dari APBD, dari uang rakyat untuk melayani rakyat sebaik mungkin,” kata Amir saat ditemui di sela-sela antrian. (pri/fkc)